create your own banner at mybannermaker.com!

Sabtu, 24 Desember 2011

MP3 Teknologi Musik Pengganti Tape Recorder

Musik adalah salah satu aspek penting kehidupan. Kita bisa lihat bahwa dalam keseharian kita, kita tidak pernah lepas dari musik. Dimanapun kita berada pasti ada musik. Ketika kita berada di kampus, ada radio kampus, di rumah ada TV, di gereja, masjid, wihara atau dimanapun juga tetap ada musik. Kelihatannya memang kehidupan manusia tidak mungkin lepas dari musik.

Teknologi musik yang pertama kali, diperkenalkan oleh Thomas Alfa Edison dengan nama Phonograph. Menggunakan piringan besar yang harus diputar dengan tangan untuk memainkan lagunya. Seiring ditemukannya motor elektrik, maka kinerja teknologi musik ini tidak lagi menggunakan tangan. Kemudian dari teknologi piringan berkembanglah teknologi tape recorder yaitu dengan menggunakan pita magnetik. Namun sesuai dengan sifat manusia yang ingin terus menerus berkembang terciptalah teknologi CD. Saya ingat pada masa dimulainya teknologi CD, teknologi CD ini mengalami persaingan berat karena harus bersanding dengan teknologi tape recorder yang harga kaset musiknya tersebut jauh lebih murah. Harga kaset tape waktu itu cuma 7.500 -15.000 rupiah, sementara harga CD waktu itu berkisar 50.000-60.000 Rupiah. Sudah jelas bukan persaingannya.

Keluarnya Teknologi MP3 menghancurkan penjualan kaset tape.

Hari-hari ini percaya atau tidak, teknologi tape recorder sudah mulai ditinggalkan. Mengapa???
1. Ada yang lebih murah
. Alasan yang klasik mungkin bagi orang Indonesia, tapi itulah kenyataannya. Musik dengan CD MP3 memang murah karena 1 CD MP3 cukup untuk merekam sampai 100 lagu berformat MP3, sementara harga yang ditawarkan hanya berkisar 10.000 Rupiah. Dengan munculnya teknologi musik MP3 yang merupakan perkembangan dari CD, maka seakan-akan hampir tidak ada alasan untuk membeli kaset tape ataupun CD kecuali alasan kejernihan suara. Dalam arti pangsa pasar penjualan CD menjadi berbeda dengan MP3.

2. Perkembangan Era digital. Dalam era digital sekarang tape tidak bisa lagi berperan banyak. Kita semua tahu harga komputer dan laptop semakin hari semakin murah. Dalam arti, laptop dan komputer bukan lagi merupakan barang mewah. Dengan komputer dan laptop kita mampu mendengarkan musik serta mengedit-edit musik. Sementara kaset tape sudah tidak mampu mengikuti perkembangan era digital sekarang. Kaset tape tidak bisa diedit semudah mengedit CD atau MP3. Untuk mengedit kaset tape kita memerlukan alat khusus yang harganya jutaan untuk menjadikan musik dalam kaset itu menjadi musik digital.


http://belajarsendiri.com/mp3-teknologi-musik-pengganti-tape-recorder/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar